Upgrade Minerva X Road 150S
MotoBike - Ingat test ride Minerva X-Road 150S di artikel ini?
Tampilan motor Rp 14,95 juta ini memang menggoda. Gagah dengan
kaki-kaki kekar, serta fitur yang diusung unik. Namun bicara performa,
karakter bawahnya memang smooth.
Power baru berasa nonjok setelah 6.000 rpm, pastinya karakter itu
kurang galak jika dipakai di jalanan padat, seperti di Jakarta.
Kemudian untuk mencapai kecepatan 100 km/jam juga cukup lama, tepatnya 29,7 detik! Ini cepek sebenarnya yang terekam di alat pengukur akselerasi, Racelogic loh ya! Bukan yang tertera di spidometer bawaan motor.
Menurut
analisa, beratnya tarikan bawah banyak dipengaruhi desain knalpot.
Sangat panjang dan tekukan setelah tabung di bawah mesin, yang menuju end muffler di bawah jok terlalu menekuk. Sehingga pembuangan kurang lancar, juga timbul suara menggema.
Leher knalpot pakai bikinan stanlee, lancarrr...
Lalu bisakah besutan 150 cc ini dibikin makin ngacir?
Setidaknya tarikan bawah lebih cepat, karena standarnya untuk mencapai
60 km/jam butuh waktu 6 detik. Lalu 201 meter 12,9 detik. Ternyata
gampang saja! Mau tahu?
“Jika dicoba sebenarnya mesin sudah bagus, sangat minim getaran dan bertenaga, tapi memang mesti ada beberapa revisi biar ngacir nih,” saran Bie Hau, mekanik Samudra Jaya Motor di Jl. Joglo Raya No. 230, Jakbar.
Jadi mesti diapain aja tuh Bos? “Tak perlu banyak-banyak sih, mainin aja bagian
pelepas gas buang dan pemasok bensinnya. Kalau mau lebih mantap
sekalian pengapian dan kopling,” lanjut mekanik yang terbiasa ngoprek Ninja 250R itu.
Tak cukup hanya saran, tapi langsung dipraktikkan. Berhubung motor baru, belum ada knalpot aftermarket-nya, makanya mesti custom. Silencer pakai Pro Speed, yang aslinya untuk Ninja 250R, makanya mahal mencapai Rp 3,2 juta. Bisa cari merek lain yang lebih terjangkau sih. Sedang leher bikin custom di Stanlee butuh dana Rp 250 ribu.
Desain sengaja model biasa, yup silencer di samping kanan motor. Keunikan bawaan pabrik hilang dong! Tapi tak apalah kalau demi performa kan? Pegangan mesti bikin kaitan di footstep belakang kanan pakai baut. Suaranya jadi gahar, dan kalau di-blayer rpm cepat banget naiknya!
Knalpot andalkan silencer Pro Speed, suara dan performa gahar - Karbu pakai PE 28, pasokan bensin dan udara lebih melimpah
Giliran pemasok bensin di-upgrade. “Pakai karbu sejuta umat, Keihin PE 28. Biar irit bisa pakai versi KW1, cukup Rp 450 ribu, heheee…,” lanjut Bie Hau sambil terkekeh. Pemasangan mesti ganti intake manifold, yang biasa untuk PE 28. Tapi sayang leher filter tak bisa kepasang. Mesti pakai filter aftermarket.
Setelah terinstal dan seting spuyer, ternyata hasilnya mantap bro! Tarikan bawah berasa banget bedanya, “Jadi gampang banget tuh untuk wheelie, uenteng!” puji Mr. Testo.
Tak cukup hanya feeling, biar data valid tentu diukur pakai Racelogic. Sehingga ketahuan perbedaan performa saat standar dan setelah di-upgrade.
Wuih tuh
ternyata benar X-Road jadi lebih gesit. 0 sampai 60 km/jam jadi cuma
5,5 detik, lebih singkat 0,5 detik. Lalu untuk jarak 201 meter cuma 12,1
detik. 0,8 detik lebih cepat. Gimana untuk mencapai 100 km/jam? Cuma
21,6 detik, artinya 8,1 detik lebih singkat! Lengkapnya lihat di tabel
ya!
Wuuuzzz…!!
Samudra Jaya Motor : 0816-1976566
Data performa :
Standar | Upgrade | |
0-60 km/jam | 6 detik | 5,5 detik |
0-80 km/jam | 11 detik | 9,2 detik |
0-100 km/jam | 29,7 detik | 21,6 detik |
0-201 m | 12,9 detik | 12,1 detik |
0-402 m | 21,1 detik | 20,6 detik |
Top speed | 108 km/jam | 111 km/jam |