Komparasi Knalpot R9 & Nobi Untuk New Scorpio Z
Diposting oleh Imam on Nov 22, 2010
Tampilan
Yamaha New Scorpio Z ini jelas berbeda dibanding versi sebelumnya.
Beberapa bagian dibuat lebih kekar dan berkesan lebih sporti. Tak
sekadar Suku Cadang Motor tudung alias bodi saja, beberapa bagian rangka
dan Suku Cadang Motor pun mendukung tampang barunya dng beberapa
penguat di belakang.
Namun, bicara mesin, boleh dibilang tak
mengalami perubahan berarti. Baik diameter maupun langkah pistonnya sama
dng versi sebelumnya. Namun, ada yg merasa tarikan Kalajengking baru
ini tak segalak pendahulunya.
Umumnya, Penggantian Suku Cadang Motor
berupa knalpot menjadi salah satu cara paling mudah untuk menaikkan
kemampuan mesin. Tentu mengukurnya perlu dng parameter jelas. Karena itu
dilakukan pengujian dng dynotest.
disamping itu, Suku Cadang Motor
berupa knalpot yg digunakan ada dua, yaitu knalpot R9 seharga Rp 1,2
juta dan Nobi yg dilego di pasaran dng harga Rp 375 ribu. Memang,
rentang harga ini cukup jauh, seolah mewakili kelas knalpot yg dicoba.
Untuk mengetahui seberapa besar peningkatan
yg dihasilkan, tentu perlu data awal dari kondisi motor standar.
Tunggangan yg dicoba ini benar-benar masih baru dan tentunya dng peranti
apa adanya dari pabrikan.
Diuji dng mesin dyno, diperoleh hasil
tenaga maksimum 20 dk pada kitiran 8.500 rpm, lantas torsi teratas
berada di angka 20,28 Nm/6.200 rpm. Pastinya mengganti dng kedua knalpot
R9 dan Nobi tadi.
Untuk melepaskan knalpot ini tak terlalu
sulit, cukup membuka baut pada kepala silinder serta di braket knalpot
di bagian belakang. Namun ada baut yg cukup rumit dibuka, yaitu pengikat
di bagian tengah.
Uji coba pun dilanjutkan dng pemasangan knalpot R9. knalpot dng silencer ‘pelangi' ini juga menganut gaya
multistage pada pipa knalpotnya. Percobaan pun dilakukan, dng melakukan
beberapa kali running, diperoleh hasil peningkatan tenaga dan torsi.
Tenaga puncak Kalajengking baru ini
tercapai pada putaran 8.497 rpm, dng daya 22,27 dk. Terlihat peningkatan
sebanyak 2,27 dk, sebuah peningkatan cukup signifikan dng penggantian
knalpot tanpa mengubah settingan karburator.
Torsi teratas juga meningkat menjadi 20,36
Nm/6.952 rpm. Dari hasil ini tampak karakter powerband berubah, pada
putaran mesin lebih tinggi untuk mencapai torsi tertingginya. Karakter
ini mebuat tarikannya akan terasa lebih panjang dibanding standar.
Kemudian, Suku Cadang Motor berupa knalpot
Nobi juga dicoba dng metode sama, yaitu tak mengubah settingan apapun
pada karburator. Kondisinya benar-benar sama dng standarnya. Begitu pun
jumlah running dng dynamometer pun sama.
Hasil yg didapat, tenaga puncak 21,39 dk di
kitiran 8.483 rpm, serta torsi tertinggi berada di angka 20,69 Nm/6.663
rpm. Karakter ini cukup unik, meski peningkatan daya puncaknya tak
banyak, namun lonjakan torsi lebih besar pada putaran mesin yg lebih
rendah.
Melihat kondisi
seperti ini, Suku Cadang Motor berupa knalpot Nobi tampaknya lebih cocok
untuk tunggangan yg dipakai dalam kota yg sering stop and go. Sedang
Suku Cadang Motor berupa knalpot R9 yg galak diputaran atas, pas untuk
turing keluar kota yg banyak lintasan lurus panjang.
Gambar terkait :
Sumber: www.otomotifnet.com
Categories:
m88 casino review - Thakasino
BalasHapusm88 m88 casino is licensed in Malta and is certified by the Malta Gaming 메리트카지노 Authority. The casino accepts real money players and has a wide variety of games ラッキーニッキー